Grand Opening Festafora 2022

Pada hari Senin (25/05/2022), Fosmaki Universitas Lampung telah melaksanakan Grand Opening Festafora 2022 yang merupakan salah satu progja kerjasama antara bidang minat dan bakat dengan bidang pendidikan. Festafora sendiri adalah singkatan dari Festival Tahunan Fosmaki Raya yang mana bentuk kegiatannya mengadakan perlombaan dan webinar tingkat nasional.

Festafora tahun 2022 memiliki tema “The Importance of Supporting Mental Health For Our Next Generation”. Menurut Yulia Anggraini, Selaku Ketua Bidang Minat & Bakat sekaligus Ketua pelaksana dari acara Festafora Latar belakang pemilihan tema tersebut terkait dengan pentingnya edukasi mengenai kesehatan mental bagi generasi masa depan. Yang mana pada saat ini banyak generasi muda yang mengalami degradasi mental akibat adanya pandemi yang melanda bangsa ini, dampak yang timbulkan kesegala bindang salah satu bidangnya yaitu pendidikan. Dengan itu acara Festafora 2022 diselenggarakan dengan bentuk kegiatan mengadakan kompetisi tingkat nasional yang dimulai pada pada 17 Juni 2022 dan diakhiri dengan webinar nasional pada 18 Agustus 2022 nanti untuk mengedukasi mengenai kesehatan mental. Tujuan diadakannya Festafora 2022 adalah sebagai memperingati hari ulang tahun pendidikan kimia yang ke 38 dan mengedukasi tentang kesehatan mental bagi generasi mendatang.

 

Dalam membuka acara Festafora 2022, diadakan Grand Opening Festafora 2022 yang dilaksanakan di Aula K Universitas Lampung secara offline dan virtual zoom. Grand Opening Festafora 2022 diawali dengan penampilan dari tim tari Fosmaki Universitas Lampung, yang membawakan tari sembah yang merupakan tari tradisional lampung yang digunakan untuk  pembukaan acara resmi atau penyambutan tamu.

Kemudian laporan dari Yulia Anggraini selaku Ketua Pelaksana Festafora 2022. Yang mana Festafora 2022 mengadakan perlombaan yang terdiri dari 4 cabang perlombaan diantaranya lomba english speech, lomba poster, lomba esai dan lomba microteaching. Perlombaan-perlombaan tersebut disambut meriah baik dari kalangan mahasiswa ataupun dari kalangan siswa ataupun siswi SMA/sederajat. Menurut laporan Ketua Pelaksana Festafora 2022, Yulia Anggraini menyampaikan bahwa Total peserta dalam acara festafora 2022 berjumlah 55 dengan rincian 5 peserta untuk lomba microteaching, 18 peserta untuk lomba poster, 20 peserta untuk lomba english speech, dan 12 peserta untuk lomba esai. yang diikuti oleh siswa dan mahasiswa dari beberapa instansi diindonesia. Untuk lompa tingkat mahasiswa ada peserta dari beberapa universitas yaitu universitas Lampung, Universitas Jember, IIB Darmajaya, Universitas Indonesia, Politeknik Penerbangan Palembang, ITERA, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Muhammadiyah Semarang, UNNES, dan IPB University. Dan untuk tingkat SMA/ Sederajat diantaranya terdiri dari SMA Negeri 6 Metro, SMA Negeri 7 Denpasar, SMA UPH College, SMA Negeri 8 Tanggerang, SMA Negeri 1 Padang Cermin, SMA Negeri 1 Sindangwangi, SMA S YPMM, MAN 1 Lahat, SMA Negeri 1 Rogojampi, SMA Negeri 72 Jakarta, MAN 2 Mataram, SMA Negeri 1 Sukau, SMA Tunas Mekar Indonesia, SMA Santo Yoseph, Metland, Jakarta Timur, SMA Negeri 90 Jakarta, SMA Negeri 1 Bandar Lampung, SMA Negeri 1 Anyer, SMA Negeri 4 Kota Malang, SMA Negeri 1 Seputih Surabaya, SMA PGRI 2 Kayen, SMA Negeri 01 Abung Semuli, SMA Xaverius Pringsewu dan SMA Negeri 1 Karanganyar.

 

 Selanjutnya sambutan  dari Bapak Prof. Dr. Undang Rosidin, M. Pd. selaku ketua jurusan PMIPA FKIP Universitas lampung dan Ibu Dr. Riswanti Rini, M.Si. selaku Wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni FKIP Universitas lampung dan yang memberikan apresiasi diadakannya acara Festafora. Acara Festafora resmi dibuka diiringi dengan pemukulan gong.

Harapan dari Yulia Anggraini sebagai Ketua Pelaksana setelah terselanggaranya festafora 2022 dapat meningkatkan jiwa kompetitif dan wawasan mengenai pentingnya kesehatan mental bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini.

Visit us on
Ig : @fosmaki_unila
Fb : Fosmaki unila
Spotify : Fosmaki Unila
Twitter : fosmaki_unila
TikTok : fosmakiunila
Kabinet Spektrum Perjuangan
_______
#Fosmaki2022
#fosmaki
#fkipunila
#unila
#akucintaunila
#kabinetspektrumperjuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *