Deskripsi Umum |
1. |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa |
2. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya |
3. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia |
4. |
Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya |
5. |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain |
6. |
Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. |
Kemampuan di Bidang Kerja |
7. |
Mampu mengembangkan konsep kimia pada peserta didik dengan memanfaatkan teknologi yang berbasis everday life phenomena |
8. |
Mampu mengaitkan dan mengaplikasikan ilmu kimia dan materi kurikulum kimia yang berlaku sesuai dengan konteks atau lingkungannya |
9. |
Mampu menyesuaikan materi kimia dengan perkembangan peserta didik |
10. |
Menguasai dan menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia/IPA sekolah. |
11. |
Menguasai dan menerapkan pengetahuan tentang model, pendekatan, metode, dan media pembelajaran kimia |
12. |
Menguasai dan menerapkan prinsip dan prosedur asesmen proses dan hasil belajar peserta didik, serta pemanfaatannya. |
13. |
Memiliki komitmen terhadap hak dan kewajiban peserta didik |
14. |
Mampu mengenal dan memanfaatkan lingkungan peserta didik |
15. |
Mampu berempati terhadap peserta didik, |
16. |
Mampu membimbing pengembangan karir peserta didik. |
17. |
Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran kimia berbasis everday life phenomena |
18. |
Mampu merencanakan dan melaksanakan asesmen proses dan hasil belajar peserta didik, serta memanfaatkan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran. |
19. |
Mampu mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran, merencanakan dan melaksanakan penelitian dalam rangka mencari solusi terhadap masalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. |
20. |
Mampu mengkomunikasikan hasil kajian ilmiah secara tertulis dan lisan. |
21. |
Mampu mengaplikasikan ilmu kimia pada bidang home industry |
Pengetahuan yang harus dikuasai |
22. |
Menguasai substansi, karakteristik, dan metodologi ilmu kimia |
23. |
Menguasai struktur dan materi kurikulum kimia di sekolah. |
24. |
Menguasai pengetahuan tentang peserta didik dan pengembangan potensinya |
25. |
Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium kimia/IPA sekolah. |
26. |
Menguasai pengetahuan tentang model, pendekatan, metode, dan media pembelajaran kimia |
27. |
Menguasai prinsip dan prosedur asesmen proses dan hasil belajar peserta didik, serta pemanfaatannya. |
28. |
Menguasai pengetahuan tentang metodologi penelitian pendidikan dan prosedur pelaksanaan penelitian |
29. |
Menguasai konsep yang berkaitan dengan kewirausahaan dan terapan ilmu kimia dalam home industry. |
Kemampuan Manajerial |
30. |
Mampu mengelola pembelajaran di kelas dan di laboratorium |
31. |
Mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dan di tempat bekerjanya |
32. |
Mampu mencari sumber-sumber baru dalam bidang pendidikan. |
33. |
Mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deskripsi tugasnya dengan baik |
34. |
Mampu bekerjasama dalam kelompok untuk mencapai tujuan organisasi |