Profil Prodi

Sejarah Singkat
Kehidupan di abad XXI menghendaki perubahan pendidikan tinggi yang bersifat mendasar. Wujud perubahan tersebut adalah: (i) perubahan dari pandangan kehidupan masyarakat lokal ke global, (ii) perubahan dari kohesi sosial menjadi partisipasi demokrasi terutama dalam pendidikan dan praktek berkewarganegaraan, dan (iii) perubahan dari pertumbuhan ekonomi ke perkembangan kemanusiaan. UNESCO (1998) menjelaskan bahwa untuk melaksanakan empat perubahan di pendidikan tinggi, dipakai
empat pilar pendidikan: (i) learning to know, (ii) learning to do; (iii) learning to be, dan (iv), learning to live together (with others).
Dengan pertimbangan di atas, maka lahirlah kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia Tahun 2012 dengan merujuk pada pola pengembangan kurikulum berbasis kompetensi. Lokakarya kurikulum dimulai pada tingkat universitas yang menekankan pada pembahasan mata kuliah umum atau penciri nasional dan universitas. Kemudian dilanjutkan di tingkat Fakultas dan jurusan, terakhir di tingkat program studi. Kurikulum ini dikembangkan bersama antara dosen program studi pendidikan kimia, guru kimia SMA dan MAN yang mewakili stakeholder, dengan dipandu oleh Ketua Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP Unila.
Diharapkan lulusan program studi pendidikan kimia
Memanfaatkan IPTEK
Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan dan pembelajaran kimia serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, baik dalam penyelesaian masalah pendidikan maupun pembelajaran
Menguasai Konsep
Menguasai konsep teoritis bidang kimia serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
Mengambil Keputusan
Mampu megambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi
Bertanggung jawab
bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelas, laboratorium dan sekolah.
Video Profil
Pendidikan Kimia