SanLat (Pesantren Kilat) with Fosmaki

Day 1 Sanlat Fosmaki

Mari berkenalan sedikit dengan Sanlat Fosmaki. Sanlat Fosmaki atau akronim dari Pesantren Kilat Fosmaki merupakan salah satu program kerja yang berasal dari Bidang Kerohanian Fosmaki FKIP Universitas Lampung. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini tidak lain ialah kegiatan yang berisikan tentang keislaman. Dengan tema “Kokohkan hati dengan iman, bersama memperkuat ilmu keislaman” membuat kegiatan ini memiliki tujuan berupa sebagai media untuk meningkatkan ruhiyah mahasiswa pendidikan kimia. Tema yang diambil tersebut berdasarkan pada isi kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu pengkajian bersama tentang keutamaan di bulan Ramadhan serta menjaga kualitas ibadah ditengah kesibukan Dunia. Kedua pengkajian tersebut masing masing disampaikan oleh Kak Bayu Prasetio, S.Pd. selaku Ketua Umum FPPI FKIP Unila tahun 2019 serta Kak Pujo Prastiyo selalu Ketua Umum Birohmah Unila tahun 2019.

Day 2 Sanlat Fosmaki

Sanlat Fosmaki ini dilaksanakan selama dua hari pada bulan Ramadhan mulai dari Sabtu, 09 April hingga Ahad, 10 April 2022. Didalamnya terdapat kegiatan kegiatan yang beragam, selain pengkajian materi yang telah disebutkan sebelumnya terdapat juga kegiatan berupa tilawah bareng, doa bareng, hingga kuis berhadiah tentang keislaman. Pelaksanaan kegiatan Sanlat Fosmaki dilakukan secara online menggunakan media berupa Zoom Meeting dimulai dari pagi hingga menjelang zuhur selama dua hari. Walaupun hanya sebatas kegiatan online, namun antusias dari keluarga besar program studi pendidikan kimia mendukung kegiatan ini, yang dibuktikan dengan hadirnya partisipan pada kegiatan ini baik dari pihak mahasiswa maupun dari pihak dosen. Tidak hanya itu, keaktifan partisipan dalam kegiatan ini baik dalam bertanya, berdiskusi, serta menjawab kuis membuat kegiatan ini terlihat sangat interaktif.

 

Narasumber yang MasyaAllah keren, pengkajian materi yang mendalam, serta tema materi yang related dengan kehidupan membuat kesan bahwa kegiatan ini dapat menjadi dorongan untuk memperbaiki ilmu keislaman serta memotivasi untuk melaksanakan ibadah khususnya di bulan Ramadhan. Tak hanya itu, pembawa acara kegiatan yang interaktif membuat suasana terasa lebih hidup. Dibawakan oleh saudari Feralia Safitri selaku MC dan Shofia Nainun serta Elvis Maharani selaku moderator yang ketiganya merupakan mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2021.

Rencana dan harapan setelah dilaksanakannya kegiatan Sanlat Fosmaki ini ialah agar kedepannya kegiatan ini dapat terlaksana dengan lebih baik karena mengingat tahun ini adalah tahun perdana terlaksananya kegiatan tersebut. Dan juga diharapkan kegiatan ini dilaksanakan secara offline sehingga tidak hanya sebagai ajang untuk menuntut ilmu tetapi dapat menjadi wadah untuk bersilaturahim. Selain itu, manfaat yang sangat banyak dapat jadi pertimbangan untuk terus diselenggarakannya kegiatan ini kedepannya. Agar keluarga besar program studi pendidikan kimia tidak hanya fokus akan suksesnya dunia, tetapi juga dapat meraih kesuksesan di akhirat kelak.

Visit us on 💫

Ig : @fosmaki_unila

Fb : Fosmaki unila

Spotify : Fosmaki Unila

Twitter : fosmaki_unila

TikTok : fosmakiunila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *