Majalah Dinding Online 4

‘’Smart On Social Media’’

Di era globalisasi ini, media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Hanya dalam satu genggaman,seluruh manusia di bumi kini bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau vidio, hingga pengetahuan baru tanpa celah. Sekarang marak pula terjadinya penyalahgunaan medsos seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak.

Melalui beberapa cara berikut ini, kita bisa menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab:

  1. Jangan asal posting konten

Sadari betul bahwa akun medsos kamu bisa dilihat secara publik, termasuk semua postingan di dalamnya. Oleh karena itu kamu harus bijak dalam memilih konten-konten sebelum di unggah di sosial media, Meski pun platfrom media sosial saat ini punya privasi yang bisa kamu atur, namuntidak salahnya menggunakan media sosial dengan lebih baik dan bermanfaat ehingga tidak menyinggung pihak lain.

  1. Tak perlu detail mencantukan informasi

Di era digital semakin canggih, semakin canggih pula kejahatan siber. Dlam akun sosial edia jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detail karena kita tidak pernah tahu ancaman-ancaman apa yang sedang mengintai.

  1. Jaga Etika

Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya, tetapi bukan berarti bebas pula dalam beretika. Hindari penggunaan kata kata kasar atau meng-ngandung unsur SARA.

  1. Selalu waspada jangan langsung percaya

Akan selalu ada limpahan informasi atau orang-orang tak bertanggung jawab yang wara wiri di media sosial. Kalau sudah begini, kamu harus mawas diri dalam menyaring informasi yang tersebar. Waspadai pula peng- guna pengguna tak dikenal yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas untuk mencegah terjadinya penipuan atau hal hal yang tak di inginkan.

  1. Filter akun-akun yang diikuti

Seiring perkembangannya, media sosial ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Kita acapkali ‘silau’ dengan kehidupan orang lain yang kita lihat di medsos dan membandingkan dengan kehidupan kita. Padahal semua yang tampil di medsos hanyalah kulit luar yang tidak kita ketahui isi sebenarnya. Mengatasi hal itu, ikutilah akun akun yang sekiranya menambah wawasan. Jauhi akun-akun yang sekiranya toxic dan tidak memiliki kegunaan apapun.

Visit us on 💫

Ig : @fosmaki_unila

Fb : Fosmaki unila

Spotify : Fosmaki Unila

Twitter : fosmaki_unila

TikTok : fosmakiunila

 

Sumber:

https://blog.hootsuite.com/smart-social-media-goals/amp/#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16711049880712&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *